Cara Memperbaiki Drone Ketika Tidak Mau Terbang


Drone atau yang lebih dikenal dengan nama pesawat tanpa awak adalah sebuah mesin terbang yang berfungsi dengan menggunakan kendali jarak jauh memakai remot kontrol. Pada umumnya drone ini digunakan untuk mengabadikan momen seperti gambar maupun video dengan memasang kamera  di bagian bawahnya.

Namun, terkadang ada masalah yang terjadi ketika kita mau menerbangkan drone tersebut. Kebanyakan masalah yang dialami adalah drone yang tidak mau terbang. Bagi orang yang sudah tahu atau teknisimungkin bisa saja cepat mengatasi masalah semacam ini. Namun, bagaimana jika anda adalah seorang pemula? Bagaimana caranya memperbaiki drone ketika tidak mau terbang? Membingunkan bukan? Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara memperbaiki drone ketika tidak mau terbang:

1. Periksa Baterai Drone


Baterai merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk alat-alat elektronik semacam drone ini, karena baterai adalah sumber listrik. Ketika ada masalah seperti drone tidak mau digunakan, langkah pertama yang dilakukan adalah dengan mengecek baterainya. Lihat apakah masih ada daya atau tidak, jika sudah tidak ada maka silahkan charge terlebih dahulu. Langkah kedua, periksa apakah sambungan baterai ke drone terhubung atau tidak. Terus yang terakhir, periksa apakah baterainya sudah rusak dan harus diganti.

2. Periksa Motor Baling-Baling


Motor disini adalah bagian yang berfungsi untuk menggerakkan baling-baling pada drone, jika motor ini bermasalah otomatis baling-baling tidak akan berputar dan membuat drone tidak mau terbang. Sebaiknya jika anda mendapatkan masalah seperti ini silahkan cek motor baling-balingnya, dan jika anda bingung atau takut untuk memperbaikinya, silahkan bawa ke teknisi yang sudah ahli.






3. Ganti Drone Propellers






Salah satu aksesoris drone yang harus dimiliki setiap pengguna drone adalah extra propellers. Dalam keadaan seperti inilah cadangan baling-baling bisa digunakan. Mungkin saja propellers ini mengalami bengkok sehingga drone tidak stabil saat terbang.






4. Baterai Remot Kontrol






Remot adalah alat kendali yang digunakan untuk menggerakkan drone, drone bisa digerakkan sesuka hati berkat adanya remot kontrol tersebut. Namun apa yang terjadi jika drone tidak mau terbang? Cara yang paling mudah dilakukan adalah mengecek baterai remot kontrol tersebut, periksa apakah masih bagus atau tidak, atau dayanya sudah habis maka anda harus mengisi ulang daya baterai tersebut.






5. Kalibrasi






Mengkalibrasi drone sebenarnya adalah hal yang harus dilakukan oleh seorang pengguna drone sebelum menggunakan drone miliknya. Ini bertujuan untuk mengecek seluruh bagian drone apakah terdapat kerusakan atau cacat sehingga bisa disimpulkan drone tersebut layak atau tidak layak digunakan.






6. Reset Drone






Mereset drone adalah cara yang paling mudah untuk memperbaiki drone yang bermasalah. misalnya saja drone memiliki masalah seperti hal yang dibahas ini, maka hanya dengan mereset semua bisa teratasi.






Inilah cara memperbaiki drone ketika tidak mau terbang, sebenarnya cara diatas hanyalah sedikit dari sekian banyak cara untuk mengatasi masalah pada drone. Intinya drone yang memiliki kemampuan teknologi yang sudah sangat canggih masih mengalami masalah. Oleh karena itu, rawatlah dengan baik drone anda.

Comments

Popular Posts